Pengertian dan Fungsi Repeater pada Jaringan Komputer

Pengertian Repeater Dalam Jaringan Komputer

Repeater atau lebih dikenal sebagai penguat sinyal adalah perangkat yang berfungsi untuk menerima sinyal yang berisi paket data dalam jaringan dan kemudian memperkuat sinyal sehingga rentang sinyal menjadi lebih luas.

Repeater biasanya digunakan untuk membangun jaringan LAN yang memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga untuk menghubungkan satu area dengan area lain yang memiliki jarak yang sangat jauh, repeater diperlukan untuk memperkuat sinyal. Tanpa repeater, paket data yang dikirim dalam jaringan tidak akan dapat mencapai tujuan. Repeater umumnya akan menerima sinyal dari pengguna yang mengirim paket data kemudian memperkuat sinyal yang akan dikirim ke host tujuan yang memiliki sinyal identik dengan sinyal awal tetapi dengan cara yang berbeda dari kata lain repeater mengeluarkan sinyal kembali dalam yang berbeda frekuensi asal frekuensi sinyal.

Karena fungsi utamanya, yaitu untuk memperluas jangkauan jaringan WiFi, repeater ini sering disebut sebagai WiFi Extender. Selain itu, karena juga berfungsi sebagai penguat sinyal, kadang -kadang orang dan teknisi jaringan juga sering menyebut Repeater sebagai penguat WiFi.


Ilustrasi repeater


Karena fungsi utamanya, yaitu untuk memperluas jangkauan jaringan WiFi, repeater ini sering disebut sebagai WiFi Extender. Selain itu, karena juga berfungsi sebagai penguat sinyal, kadang -kadang orang dan teknisi jaringan juga sering menyebut Repeater sebagai penguat WiFi. Jadi, jika Anda menemukan istilah di pasaran, Anda tidak perlu bingung karena semuanya mengacu pada perangkat yang sama, yaitu repeater. Repeater itu sendiri ada beberapa jenis jenis, yaitu 1) repeater telepon, 2) repeater komunikasi optik, dan 3) repeater radio. Setiap repeater memiliki fungsi spesifik tergantung pada penunjukannya.

Jenis repeater pertama adalah repeater telepon. Seperti namanya, Anda sudah bisa menebak. Repeater telepon adalah jenis repeater yang digunakan pada saluran telepon. Di saluran kabel telepon, sinyal biasanya akan terdegradasi karena jarak tempuh jarak. Oleh karena itu repeater harus digunakan sehingga sinyal yang diterima oleh pengguna telepon jelas.


Fungsi repeater di jaringan komputer


Di telepon, sinyal dikirim ke dua arah. Ini menyebabkan sistem kerja repeater pada pengulang telepon ini menjadi lebih kompleks. Dalam sistem ini seharusnya tidak ada gangguan antara satu dan gelombang sinyal lainnya untuk menghindari umpan balik yang mungkin mengganggu aliran komunikasi. Selain mendarat, repeater telepon juga digunakan sebagai sarana komunikasi di bawah laut, atau lebih dikenal sebagai repeater kabel kapal selam.

Jenis repeater kedua adalah repeater komunikasi optik. Repeater ini berfungsi untuk memperkuat rentang sinyal dalam kabel kabel serat optik. Di dalam serat kabel optik, informasi fisik secara fisik berwujud sebagai pulsa cahaya. Pulsa cahaya (dalam Indonesia yang disebut pulsa cahaya) dibentuk dari foton. Foton dapat tersebar secara acak di kabel serat optik.


Untuk memperkuat sinyal, biasanya di kabel serat optik ada fototransistor yang berfungsi untuk mengubah pulsa cahaya ke bentuk sinyal listrik, yang kemudian akan diperkuat oleh penguat. Setelah itu sinyal listrik akan dikonversi kembali menjadi pulsa cahaya oleh balok laser. Tetapi sekarang sebagian besar kabel serat optik telah mampu memperkuat sinyal tanpa memerlukan transformasi pulsa dan sinyal.

Jenis repeater ketiga yang kami sebut istilah Radio Repeater. Jenis repeater ini, seperti namanya, berfungsi untuk memperkuat sinyal radio. Secara umum, jenis repeater ini memiliki satu antena yang berfungsi serta penerima dan pemancar. Jenis repeater ini akan mengubah frekuensi sinyal yang diterimanya sebelum dipancarkan lagi. Sinyal yang dipancarkan oleh sinyal repeater akan dapat menembus objek penghalang.


Radio Repeater memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya adalah stasiun relai siaran, relay gelombang mikro, pengulang pasif, pengulang seluler, dan gigeater. Sistem kerja repeater yang sering digunakan untuk memperkuat sinyal WiFi pada jaringan komputer umumnya menggunakan jenis repeater ini.


Fungsi repeater adalah untuk memperluas jangkauan jaringan wifi. Perangkat keras pada repeater telah diprogram untuk menerima sinyal WiFi dari pemancar yang akan diperkuat. Setelah sinyal diperkuat, repeater akan menyebarkan sinyal lagi. Dengan demikian jangkauan wifi akan lebih luas.

Bagaimana repeater bekerja


Repeater berfungsi untuk memperluas jangkauan jaringan WiFi. Ini dilakukan dengan menerima sinyal data dan kemudian dipancarkan lagi. Sebelum diproduksi ulang, sinyal yang telah memasuki repeater diperkuat terlebih dahulu.

Pada dasarnya repeater memiliki dua jenis komponen di dalamnya. Komponen pertama ditugaskan untuk menerima data sinyal dari pemancar. Sementara komponen kedua berfungsi untuk menampilkan kembali data sinyal. Tetapi sebelum data sinyal ditransmisikan lagi, perangkat keras pada repeater ini akan membuat perubahan frekuensi sehingga sinyal data yang dipancarkan menjadi lebih kuat. Dengan demikian sinyal akan menjadi lebih kuat dan jangkauannya akan lebih luas.

Dalam memproses sinyal data yang masuk ke dalamnya, Repeater memiliki dua sistem yang umumnya digunakan. Sistem ini repeater analog dan repeater digital. Dalam repeater analog, sinyal data dikirim dalam bentuk data analog di mana konsumsi daya listrik berbanding lurus dengan amplitudo atau jumlah sinyal yang dikirim. Sementara repeater digital mengirimkan sinyal data dalam bentuk digital. Data digital dikirim dalam bentuk biner, yang diwakili oleh angka 1 dan 0. Selain itu, repeater digital juga melakukan proses tambahan pada data sinyal yang diproses.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak